Penyakit Asam Lambung Dalam Tubuh

10 Penyakit Asam Lambung Dalam TubuhPenyakit Asam Lambung Dalam Tubuh merupakan sebuah penyakit yang membuat kita merasakan rasa terbakar di dada ke kerongkongan. Masalah asam lambung merupakan sebuah masalah kesehatan yang dapat di alami oleh anak – anak hingga dewasa.

Penyakit asam lambung seperti gerd biasanya sering di anggap seperti penyakit jantung koroner maupun serangan jantung. Kenapa begitu? Karena gejala yang di sebabkan oleh oleh masalah ini mirip dengan penyakit jantung yang akan membuat dada kita merasa sakit.

Walaupun penyakit asam lambung mematikan itu tidak seperti penyakit jantung, hal ini harus kalian tangani agar tidak menyebabkan masalah kesehatan yang berkelanjutan.

Baca juga: Jenis Penyakit Pada Perut

Penyakit Asam Lambung Yang Ada Dalam Tubuh

Penyebab Masalah Asam Lambung

Hal yang biasa terjadi saat kita mengalami asam lambung yang naik hingga ke kerongkongan kita biasa di sebut dengan refluks asam lambung. Hal ini terjadi karena otot kerongkonan kita pada bagian bawah yang di sebut dengan otot LES mengalami pelemahan. Otot tersebut biasanya melakukan kontraksi yang bertugas untuk menutup saluran kerongkongan saat hidangan yang kita makan masuk ke dalam lambung.

Apabila otot tersebut menjadi lemah, maka kerongkongan kita akan mengalami kesulitan untuk menutup, hingga asam lambung akan lebih mudah mengalir ke kerongkongan. Kondisi tersebut lebih rentan terjadi terhadap orang tua (lansia), selain lansia, biasanya orang yang berlebihan berat badan, perokok, ibu hamil, dan orang yang tidur setelah makan lebih mudah mengalaminya.

Checkup Masalah Asam Lambung

Keluhan yang di sebabkan oleh asam lambung seperti heartburn bisa terjadi paling tidak dua kali seminggu. Jika ada orang yang memiliki keluhan tersebut biasanya dokter akan melakukan check up secara fisik dan melakukan beberapa pemeriksaan lanjutan.

Apa itu Heartburn?

Heartburn adalah gejala refluks asam. Hal tersebut adalah sensasi terbakar yang menyakitkan di tengah dada Kalian yang disebabkan oleh iritasi pada lapisan kerongkongan yang disebabkan oleh asam lambung.

Pembakaran ini bisa datang kapan saja tetapi seringkali lebih buruk setelah makan. Bagi banyak orang, Heartburn memburuk ketika mereka berbaring atau berbaring di tempat tidur, yang membuatnya sulit untuk tidur nyenyak.

Untungnya, Heartburn biasanya dapat diatasi dengan obat Heartburn / asam lambung yang dijual bebas. Penyedia layanan kesehatan Kalian juga dapat meresepkan obat yang lebih kuat untuk membantu menjinakkan Heartburn Kalian.

Biasanya pemeriksaan ini di lakukan oleh dokter spesialis dengan melakukan pemeriksaan lanjutan seperti:

  • Gastrokopi
  • Rontgen
  • Pemeriksaan tingkat keasaman kerongkongan
  • Test Otot Kerongkongan yang di sebut dengan manometri

Pengobatan Masalah kesehatan Asam Lambung

Penyakit Asam Lambung Gerd bisa di bantu dengan merubah kebiasaan kita setiap hari dengan cara menururnkan berat badan, lalu menunggu makanan turun ke lambung sebelum tiduran, mengurangi rokok atau berhenti. Beberapa tumbuhan dan bumbu alami seperti Jahe bisa di gunakan untuk emnyembuhkan penyakitasam lambung.

Untuk penyakit asam lambung kronis yang tidak segera di atasi akan menyebabkan beberapa komplikasi seperti inflamasi pada kerongkongan kita. Inflamasi tersebut bisa membuat luka bahkan menyebabkan jaringan parut di dalam kerongkongan, hal tersebut membuat penderitanya merasakan sakit yang luar biasa saat menelan makanan, bahkan minuman.

Bahkan jika di biarkan begitu saja, hal tersebut akan menyebabkan esofagus Barret, yang merupakan sebuah penyakit berbahaya dalam kerongkongan seperti kanker Esofagus.

Seberapa umumkah Asam Lambung (refluks asam kronis)?

Penyakit Asam Lambung Kronis sangat umum terjadi, siapa pun dari segala usia dapat mengalami Asam Lambung, tetapi beberapa mungkin lebih berisiko untuk itu. Misalnya, kemungkinan Kalian mengalami beberapa bentuk Asam Lambung (ringan atau parah) meningkat setelah usia 40 tahun.

Kalian juga cenderung memilikinya jika Kalian:

  • Kegemukan atau obesitas.
  • Hamil.
  • Merokok atau secara teratur terpapar asap rokok.
  • Mengkonsumsi obat-obatan tertentu yang dapat menyebabkan refluks
  • asam.

Gejala dan Penyebab

Apa yang menyebabkan refluks asam?

Reflux asam ini biasanya di sebabkan oleh otot esofagus yang lemah pada bagian bawah kerongkongan. Biasanya katup ini menutup rapat setelah makanan masuk ke perut Kalian. Jika rileks ketika seharusnya tidak, isi perut Kalian naik kembali ke kerongkongan.

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan hal ini meliputi:

  • Terlalu banyak tekanan pada perut. Beberapa wanita hamil mengalami Heartburn hampir setiap hari karena peningkatan tekanan ini.
  • Hernia hiatus. Merupakan kondisi yang membuat perut menjorok ke arah diafragma, yang menyebabkan terhalangnya asupan makanan seperti biasanya.

Apa saja gejala Asam Lambung (refluks asam kronis)?

Tidak ada yang namanya Penyakit Asam Lambung mematikan karena gejala – gejala yang di sebabkan oleh penyakit ini tidak menyebabkank kematian. Gejala yang paling umum adalah:

  • Maag.
  • Regurgitasi (makanan kembali ke mulut Kalian dari kerongkongan).
  • Perasaan makanan tersangkut di tenggorokan.
  • Batuk.
  • Sakit dada.
  • Masalah menelan.
  • Muntah.
  • Sakit tenggorokan dan suara serak.

Bayi dan anak-anak dapat mengalami gejala Asam Lambung yang serupa, serta:

  • Episode muntah kecil yang sering.
  • Menangis berlebihan, tidak mau makan (pada bayi dan bayi).
  • Kesulitan pernapasan (pernapasan) lainnya.
  • Rasa asam sering asam, terutama saat berbaring.
    tenggorokan serak.
  • Perasaan tersedak yang dapat membangunkan anak.
  • Bau mulut.
  • Kesulitan tidur setelah makan, terutama pada bayi.

Tanda Heartbun yang sama dengan serangan jantung

Nyeri dada yang disebabkan oleh Heartburn mungkin membuat Kalian takut mengalami serangan jantung. Heartburn tidak ada hubungannya dengan jantung Kalian, tetapi karena rasa tidak nyaman di dada Kalian, mungkin sulit untuk mengetahui perbedaannya saat itu terjadi. Tetapi gejala serangan jantung berbeda dengan sakit maag.

Heartburn adalah perasaan terbakar yang tidak nyaman atau nyeri di dada Kalian yang bisa naik ke leher dan tenggorokan Kalian. Serangan jantung dapat menyebabkan rasa sakit di lengan, leher dan rahang, sesak napas, berkeringat, mual, pusing, kelelahan ekstrim dan kecemasan, di antara gejala lainnya.

Jika obat Heartburn Kalian tidak membantu dan nyeri dada Kalian disertai dengan gejala-gejala ini, segera hubungi bantuan medis.

Bisakah Asam Lambung (refluks asam kronis) menyebabkan asma?

Kami tidak tahu persis hubungan antara Asam Lambung dan asma. Lebih dari 75% penderita asma menderita Asam Lambung. Mereka dua kali lebih mungkin menderita Asam Lambung dibandingkan orang tanpa asma. Asam Lambung dapat memperburuk gejala asma, dan obat asma dapat memperburuk Asam Lambung. Tetapi mengobati Asam Lambung sering membantu meringankan gejala asma.

Gejala Asam Lambung dapat melukai lapisan tenggorokan, saluran udara dan paru-paru, membuat sulit bernapas dan menyebabkan batuk terus-menerus, yang mungkin menunjukkan adanya hubungan. Dokter kebanyakan melihat penyakit Asam Lambung gerd sebagai penyebab asma jika:

  • Asma dimulai pada masa dewasa.
  • dan setelah berbaring.
  • Asma tidak membaik dengan perawatan asma standar.

Jika Kalian menderita asma dan Asam Lambung, penyedia layanan kesehatan Kalian dapat membantu Kalian menemukan cara terbaik untuk menangani kedua kondisi tersebut – obat dan perawatan yang tepat yang tidak akan memperburuk gejala kedua penyakit tersebut.