Oatmeal Menjadi Menu Yang Variatif

Oatmeal Menjadi Menu Yang Variatif

Oatmeal tengah populer di kelompok warga yang semangat jalankan diet di karenakan dapat menjadi salah satu menu yang memiliki banyak variatif.

Dari sisi skema makan, makan pagi dipercaya benar-benar mengganggu kesehatan dan oatmeal cukup terkenal sebagai salah satunya makanan sehat untuk makan pagi.

Kecuali untuk diet, oatmeal pilih segudang manfaat yang lain. Apa saja manfaat oatmeal dan kandungan gizinya yang bagus untuk badan? Yok, baca penjelasannya di artikel ini.

Oatmeal Menjadi Menu yang Variatif nan Lezat Sekaligus Menyehatkan

Banyak yang menduga oatmeal dibuat dari gandum. Walau sebenarnya oatmeal ialah makanan yang dibuat dari oat (Avena sativa). Oat juga dikenal bernama “haver” yakni tipe tanaman serealia yang tumbuh di beberapa negara subtropis.

Baca Juga: Gula Darah Yang Tinggi Dapat Diatasi

Oat berlainan dengan gandum. Oatmeal Menjadi Menu Variatif diproses berbentuk utuh dengan masih menjaga serat dan kulit arinya sedang gandum diproses berbentuk tepung untuk bikin roti, kue, dan lain-lain. Kecuali kaya serat, ada beberapa gizi penting yang lain yang terdapat di dalam oat. Dikutip dari Food Data Central, di dalam 1 cangkir oat mengandung;

  • Air 8,78 gr
  • Energi 307 kcal
  • Protein 10,7 gr
  • Karbohidrat 54,8 gr
  • Lemak keseluruhan 5,28 gr
  • Kalsium 42,1 gr
  • Serat pangan 8,18 gr
  • Gula 0,80 gr
  • Zat besi 3,44
  • Magnesium 112 mg
  • Fosfor 332 mg
  • Kalium 293 mg
  • Zink 2,95 mg
  • Vitamin B-6 0.081 mg
  • Natrium 4,86 mg
  • Vitamin E (alpha tocopherol) 0.34 mg
  • Vitamin K 1,62 microgram
  • Asalm lemak tidak jemu 1,86 gr

Beberapa manfaat oatmeal untuk kesehatan

Bila disaksikan dari kandungannya, oatmeal sanggup sediakan energi yang cukup. Karena itu, satu mangkuk oatmeal saat makan pagi bisa menolong Anda mengawali hari dengan semangat dan penuh energi. Kecuali penuhi keperluan energi, oatmeal mempunyai beberapa manfaat penting untuk badan. Yok baca penuturannya di bawah ini.

  1. Menolong turunkan cholesterol

Oatmeal memiliki kandungan serat yang diperhitungkan sanggup menghalangi atau kurangi peresapan cholesterol jahat (LDL) di usus. Konsumsi serat minimum 6 gr (seputar 1 1/2 cangkir) ataupun lebih tiap hari, dapat kurangi LDL dan cholesterol keseluruhan pada tubuh. Anda akan mendapatkan semakin banyak serat bila Anda menambah oatmeal dengan buah-buahan, misalkan pisang

  1. Menolong mempertahankan kesehatan jantung

Oatmeal memiliki kandungan avenanthramide, yaitu zat anti-oksidan yang sanggup mencegah tersumbatnya pembuluh darah hingga kurangi risiko penyakit jantung.

Sebuah study yang dilaksanakan oleh beberapa pakar kardiologi di Taipei mengaitkan jika konsumsi oatmeal dengan teratur benar-benar menolong pemulihan keadaan saat penyakit serangan jantung.

  1. Kurangi resiko penekanan darah tinggi

Manfaat oatmeal setelah itu mencegah hipertensi. Ini karena oatmeal kaya serat dan anti-oksidan dan rendah natrium.

Sodium adalah zat yang penting dijauhi oleh pasien hipertensi. Zat ini umumnya ada pada garam dapur dan penyedap rasa. Karena itu, kecuali konsumsi oatmeal, pasien hipertensi seharusnya kurangi konsumsi garam.

  1. Turunkan risiko diabetes

Untuk pasien diabetes, konsumsi oatmeal akan berguna dalam menolong mengatur gula darah.

Berdasar riset yang dilaksanakan oleh beberapa pakar nutrisi Université de Lyon di Perancis, oatmeal bisa dibuktikan efisien turunkan glukosa pada darah dan membenahi performa insulin pada tubuh.

  1. Menolong turunkan berat tubuh

Manfaat oatmeal selanjutnya ialah menolong turunkan berat tubuh. Ini karena kandungan serat larut pada oatmeal sanggup memberi dampak kenyang semakin lama. Beta glucan pada oatmeal bisa memacu hormon kenyang hingga Anda tidak makan terlalu berlebih.

Disamping itu, karbohidrat yang ada pada oatmeal bisa memasok energi yang cukup hingga Anda tidak berasa lemas walau sedang diet.

  1. Menolong menjaga kulit

Kecuali sebagai menu makanan, rupanya oatmeal dapat digunakan sebagai skin care. Anda bisa membuat lulur atau masker yang dibuat oatmel dengan melembutkannya, mengolahnya sampai mendidih lalu melumurkannya ke atas kulit.

Disamping itu, Anda dapat menangani bermacam penyakit kulit dengan mandi oatmeal. Kecuali untuk menjaga kulit, oatmeal rupanya dapat dibuat jadi gel pencukur dan bahan untuk shampoo.

  1. Turunkan risiko penyakit asma pada anak

Berdasar study yang dilaksanakan oleh beberapa periset dari National Institute of Health and Welfare di Helsinki, Finlandia, pemberian oatmeal pada anak saat sebelum masuk umur 5 tahun akan kurangi risiko penyakit asma dan rhinitis alergi.

  1. Menangani masalah pencernaan pada manula

Manfaat selanjutnya dari oatmeal ialah sediakan beberapa zat seperti vitamin B-6, vitamin B-12 dan folat yang bisa mencegah masalah pencernaan, khususnya pada manula.

Menurut riset yang dilaksanakan oleh beberapa ahli nutrisi dari University of Vienna, Austria. Manula yang konsumsi oatmeal dengan teratur bisa terlepas dari keterikatan pada beberapa obat pencahar.

Langkah Penyuguhan Oatmeal Menjadi Menu Variatif

Kemungkinan banyak yang malas coba makan pagi dengan oatmeal karena rasanya yang cemplang. Walau sebenarnya, bila Anda memprosesnya dengan inovatif, rasa oatmeal bisa dibikin jadi sedap dan bervariatif. Untuk nikmati oatmeal, Anda bisa menyuguhkannya dengan cara-cara, diantaranya.

  1. Bubur oatmeal

Bubur oatmeal adalah langkah paling mudah dalam nikmati oatmeal. Anda cukup mempersiapkan beberapa bahan simpel misalnya: ½ cangkir oat giling, 1 cangkir air atau susu, dan secubit garam. Masukan seluruh bahan ke panci lalu didihkan. Kecilkan api lalu aduk sampai halus. Anda bisa menambah potongan ayam supaya rasanya lebih nikmat.

  1. Bubur seduh

Kecuali mendidihkannya, Anda dapat membuat bubur oatmeal dengan menyeduhnya sama air panas. Supaya rasanya lebih nikmat serta lebih banyak mengandung nutrisi, Anda bisa menambah sedikit bubuk kayu manis, beberapa buah berikan, kacang-kacangan atau yoghurt.

  1. Roti dan cake

Kecuali dihidangkan berbentuk bubur, oatmeal dapat digabung dengan tepung, telur dan beberapa bahan yang lain untuk jadi roti atau cake. Saat membuat roti atau cake oatmeal, seharusnya Anda tidak menambah kebanyakan gula supaya kue yang Anda bikin masih bagus untuk kesehatan.

  1. Smoothie oatmeal

Olahan oatmeal ini tidak kalah mengenyangkan untuk makan pagi, lho. Langkah membuat oatmeal smoothie ini lumayan gampang dan ringkas.

Untuk membuat, campur oatmeal, susu, dan potongan buah fresh ke jus. Kamu bisa menambahkannya dengan buah apa saja. Tetapi, bila senang rasa manis dan beri kesegaran, kamu dapat menambahkannya dengan pisang, mangga, dan nanas. Selanjutnya, jus seluruh bahan sampai lembut dan tercampur rasa. Kemudian, suguhkan oatmeal smoothie untuk makan pagi.

Keunggulan oat dibandingkan bahan makanan yang lain

Dari sisi mempunyai beberapa kandungan protein, vitamin dan mineal, oatmeal mempunyai beberapa kelebihan yang lain misalnya:

  1. Harga yang dapat dijangkau

Harga oatmeal cukup dapat dijangkau. Bahkan juga lebih murah dibanding makanan dasar yang lain seperti beras dan roti. Anda tak perlu mengambil kantong dalam-dalam untuk memperoleh makanan yang sehat.

  1. Gampang diproses

Kecuali harga yang dapat dijangkau, oatmeal lumayan gampang dibuat jadi bermacam menu makanan yang ringkas.

  1. Gampang didapat

Walau oat bukan tanaman yang tumbuh di negara tropis, tapi sekarang ini oatmeal tidak lagi produk yang sangat jarang. Anda bisa dengan gampang memperoleh produk seperti quaker oats di beberapa supermarket.

  1. Gluten free

Banyak yang keliru menduga jika oatmeal dibuat dari gandum. Walau sebenarnya dia dibuat dari tanaman oat. Karena itu, oatmeal condong aman dimakan untuk mereka yang alergi pada zat gluten yang ada di gandum.

  1. Tahan lama

Keunggulan oat yang lain ialah tahan lama. Ini karena oat dibungkus berbentuk kering dan bebas kandungan air. Bila tersimpan dalam tempat kedap udara, oat bisa bertahan sampai 24 bulan pada temperatur kamar.

Bagaimana, luar biasa ya manfaat yang dapat kamu bisa jika rajin konsumsi oatmeal dengan teratur? Gabungkan dengan makanan sehat yang lain yang variasi, dan barengi dengan berolahraga teratur, tidur memadai, dan urus stres secara baik agar manfaat kesehatan yang didapatkan maksimal.