Gula Darah Yang Tinggi Dapat Diatasi

Gula Darah Yang Tinggi Dapat Diatasi

Gula Darah Yang Tinggi Dapat Diatasi – Gula darah tinggi terjadi saat tubuh masih kurang atau secara efisien memakai insulin.

Sehingga memungkinkan  tubuh mengganti glukosa jadi energi dan ditebarkan di semua tubuh. Hormon yang ini menolong tubuh simpan energi itu.

Gula Darah yang Tinggi dapat diatasi Dengan Pola Hidup yang Sehat

Kandungan gula darah sebagai perhatian khusus pada beberapa orang dengan diabetes. Gula darah tinggi (hiperglikemia), terjadi saat gula darah seorang melewati 180 mg/dL.

Kandungan gula darah yang tinggi dapat beresiko bila tidak selekasnya diatasi, bisa mengakibatkan permasalahan periode pendek dan periode panjang.

Baca Juga: Buah Kaya Akan Serat

Pengubahan pola hidup mainkan peranan penting untuk turunkan kandungan gula darah. Di bawah ini langkah alami yang dapat turunkan kandungan gula darah. Baca daftarnya, ya!

  1. Awasi kandungan gula darah secara periodik

Merilis Medical News Today, kandungan gula darah yang tinggi kerap kali tidak memunculkan gejala sampai melewati 200 mg/dL. Dengan begitu, orang dengan diabetes benar-benar dianjurkan untuk mengawasi kandungan gula darahnya dengan teratur, jika memang perlu seringkali satu hari.

Banyak alat kesehatan untuk memantau glukosa yang dapat dengan gampang dipakai di dalam rumah. Kamu bisa juga konsultasi sama dokter berkenaan referensi terbaik mengenai pengawasan gula darah untuk diabetes.

Check kandungan gula darah secara periodik dapat menolong sesuaikan makanan dan beberapa obat jika dibutuhkan, untuk menolong turunkan gula darah.

  1. Olahraga dengan teratur

Mencuplik Healthline, olahraga teratur bisa menolong capai dan menjaga berat tubuh bagus, sekalian tingkatkan sensitivitas insulin.

Jika sensitivitas insulin bertambah, sel tubuh makin lebih sanggup memakai gula yang ada dalam saluran darah. Disamping itu, olahraga menolong otot memakai gula darah jadi energi dan kontraksi otot secara efisien. Jika ini, kandungan gula darah dapat turun.

Referensi olahraga yang dapat dilaksanakan ialah angkat beban, jalan cepat, joging, naik sepeda, berenang, dan lain-lain.

  1. Kurangi konsumsi karbohidrat

Mencuplik laporan riset yang diterbitkan oleh American Diabetes Association tahun 2004 memperlihatkan jika konsumsi makanan rendah karbohidrat dan tinggi protein kurangi kandungan gula darah.

Berdasar laporan riset lain dalam International Journal of Environmental Research and Public Health tahun 2020, untuk beberapa orang dengan diabetes type 2, makan rendah karbohidrat dapat aman dan bermanfaat dalam turunkan rerata kandungan glukosa darah dalam periode pendek (sampai enam bulan). Ini dapat menolong kurangi berat tubuh dan menolong mengurus factor resiko penyakit jantung, seperti kenaikan cholesterol dan penekanan darah tinggi.

Kurangi konsumsi karbohidrat bisa kurangi kenaikan gula darah. Tetapi, seluruh orang dengan tipe diabetes apa saja yang ingin mengikut dan lakukan diet rendah karbohidrat atau kurangi konsumsi karbohidrat harus konsultasi dahulu sama dokter dan/atau pakar nutrisi.

  1. Tingkatkan konsumsi serat

Serat mainkan peranan penting dalam pengendalian gula darah dengan perlambat pergerakan penguraian karbohidrat dan pergerakan tubuh dalam meresap gula yang dibuat.

Ada dua tipe serat, yakni serat larut dan serat tidak larut. Serat larut ialah yang paling menolong dalam mengatur gula darah. Serat larut ada pada makanan berikut ini:

  • Sayuran
  • Kacang-kacangan
  • Biji-bijian
  • Buah

Berdasar laporan dalam jurnal American Journal of Lifestyle Medicine tahun 2008, disebutkan jika konsumsi serat harian yang disarankan ialah 14 gr serat makanan per 1.000 kkal, atau 25 gr untuk wanita dan 38 gr untuk lelaki.

  1. Minum air supaya masih terhidrasi

Hidrasi yang pas ialah kunci pola hidup sehat. Karena itu, minum cukup air bisa menolong jaga kandungan gula darah dalam batasan yang sehat. Kecuali mencegah dehidrasi, ini menolong ginjal buang kelebihan gula lewat urine.

Bila ingin turunkan kandungan gula darah, kamu harus banyak minum air putih dan jauhi minuman manis seperti juice buah atau minuman bersoda yang malah bisa tingkatkan kandungan gula darah.

Mencuplik laporan dalam British Journal of Sports Medicine tahun 2016, diambil kesimpulan jika minuman plus tambahan pemanis artifisial dan juice buah mustahil jadi alternative yang sehat untuk pencegahan diabetes type 2. Berdasar anggapan kausalitas, mengonsumsi minuman yang dipermanis dengan gula sepanjang tahun kemungkinan terkait dengan sebagian besar kasus diabetes yang baru tampil.

Maka masih ingat-ingatlah jika masih terhidrasi bisa turunkan kandungan gula darah dan resiko diabetes. Air putih ialah opsi terbaik.

  1. Pilih makanan dengan index glikemik rendah

Index glikemik menghitung dan memberikan rangking bermacam makanan berdasar berapa banyak makanan itu mengakibatkan peningkatan kandungan gula darah.

Merilis Medical News Today, makanan index glikemik rendah ialah makanan yang mendapatkan score di bawah 55 pada index glikemik. Contoh makanan rendah glikemik mencakup:

  • Ubi jalar
  • Biji gandum
  • Kacang-kacangan
  • Susu rendah lemak
  • Sayuran berdaun hijau
  • Sayuran tidak bertepung, seperti bayam, brokoli, taoge, dan terung
  • Biji-bijian
  • Daging
  • Ikan

Disamping itu, berdasar laporan riset dalam Nutrition Journal tahun 2009, diet index glikemik rendah turunkan resistansi insulin dan kandungan insulin, mengakibatkan pengurangan glukosa plasma, turunkan kandungan asam lemak bebas, infeksi dan disfungsi endotel, mengakibatkan pengurangan penting factor resiko kardiovaskular.

  1. Mengurus tingkat stres

Stres bisa mengakibatkan penekanan darah melesat. Seiring berjalannya waktu, itu bisa mengakibatkan penekanan darah tinggi akut dan menghancurkan mekanisme kardiovaskular. Ini karena tubuh keluarkan hormon stres saat tegang, dan hormon ini tingkatkan kandungan gula darah.

Mencuplik study dalam jurnal Endocrinology tahun 2012, glukokortikoid dan katekolamin ialah hormon stres yang terpopuler, karena dilepaskan dalam kerangka stres dan memediasi komponen tanggapan adaptive padanya.

Mengurus tingkat stres lewat olahraga atau sistem rileksasi, seperti yoga bisa menolong mengendalikan kandungan gula darah dengan lebih bagus

  1. Kontrol ukuran jatah

Kontrol jatah menolong mengendalikan konsumsi kalori dan bisa menjaga berat tubuh bagus. Merilis Medical News Today, seorang yang makan terlalu berlebih harus mengikut dasar jatah yang diberi oleh dokter atau pakar nutrisi. Makan terlalu berlebih saat duduk bisa mengakibatkan kenaikan gula darah.

Walau karbohidrat simpel umumnya dihubungkan dengan kenaikan kandungan gula darah, namun semua makanan mengakibatkan kandungan gula darah bertambah. Kontrol jatah yang jeli bisa jaga kandungan gula darah lebih termonitor.

  1. Menjaga berat tubuh yang sehat

Tidak bisa dipungkuri jika menjaga berat tubuh dalam batasan bagus dapat menolong tingkatkan kesehatan dan mencegah permasalahan kesehatan di periode kedepan. Mengatur berat tubuh dapat tingkatkan kandungan gula darah yang sehat dan menolong turunkan resiko diabetes.

Sebuah study yang diterbitkan dalam jurnal Author Manuscript, kurangi berat tubuh bahkan juga cuman 7 % bisa kurangi peluang terserang diabetes sampai 58 %.

Konsumsi makanan sehat penuh buah, sayur, dan olahraga yang cukup menolong turunkan berat tubuh atau menjaga berat tubuh yang sehat.

  1. Konsumsi ikan

Ikan tidak memiliki kandungan karbohidrat sama sekalipun. Hingga, kandungan gulanya juga kosong. Hingga, konsumsi ikan minimal 2x satu minggu, dipandang seperti salah satunya langkah turunkan gula darah yang alami. Kecuali diabetes, ikan tipe salmon, tuna, dan makarel kaya asam omega tiga, yang sanggup mencegah penyakit jantung. Tidak boleh konsumsi ikan yang diproses dengan dimasak, atau memiliki kandungan banyak kandungan merkuri.

  1. Peroleh tidur yang memadai berkualitas

Tidur yang memadai tiap malam ialah langkah terbaik untuk menolong jaga kandungan gula darah di tingkat normal.

Merilis Medical News Today, kandungan gula darah condong naik pada pagi hari. Pada banyak orang, insulin akan memberitahu tubuh apa yang perlu dilaksanakan dengan kelebihan gula, hingga kandungan gula darah masih normal. Kekurangan tidur bisa mempunyai dampak yang serupa dengan resistansi insulin, yang bermakna kandungan gula darah bisa naik secara berarti karena kekurangan tidur.

Menurut Mayo Clinic, begitu sedikit tidur nampaknya tingkatkan produksi hormon stres seperti kortisol, yang dari sekian waktu bisa tingkatkan penekanan darah.

Itu 11 langkah gampang untuk turunkan kandungan gula darah secara alami. Tidak susah, kan? Meskipun begitu, paling intinya masih patuhi penyembuhan dari dokter, ya. Mengurus kandungan gula darah ialah kunci untuk menghindar kompleksitas beresiko diabetes.