Faktor Gaya Hidup Positif

Faktor Gaya Hidup PositifFaktor Gaya Hidup Positif, Ada beberapa faktor gaya hidup positif yang dapat meningkatkan kesehatan jika Anda ingin hidup panjang dan sehat. Tentu saja, Anda tidak dapat mengubah gen Anda atau banyak lingkungan di sekitar Anda, tetapi membuat pilihan yang terdidik dan disengaja dalam hal diet, aktivitas, tidur, penggunaan alkohol, dan merokok dapat mengurangi risiko kesehatan Anda dan berpotensi menambah tahun hidup Anda. .

Konon, enam modifikasi gaya hidup ini adalah yang memiliki bukti terbaik untuk memaksimalkan umur panjang Anda.

Baca juga: Makanan Kolesterol Bermanfaat bagi Kesehatan

Faktor Gaya Hidup Positif

Mendapatkan Jumlah Tidur yang Tepat

Mendapatkan jumlah tidur yang teratur dan cukup adalah yang pertama dalam daftar kami karena sering diremehkan pentingnya dibandingkan dengan diet dan olahraga. Hubungan antara tidur dan harapan hidup telah ditunjukkan dalam banyak penelitian, tetapi yang mengejutkan beberapa orang adalah bahwa hubungannya adalah kurva berbentuk U. Terlalu sedikit dan terlalu banyak tidur meningkatkan risiko kematian.

Tidur malam yang baik penting untuk mengisi ulang “baterai” pepatah. Itu juga menghadiri semua fungsi metabolisme yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti regenerasi sel-sel tua, membuang limbah, dan memperbaiki kerusakan sel. Tidur juga penting dalam membuat ingatan, dan kurang tidur menyebabkan pelupa.

Bahkan jika Anda berniat untuk tidur nyenyak, kondisi medis terkadang dapat mengganggu. Sleep apnea dapat sangat meningkatkan risiko kesehatan.

Sementara sleep apnea mempengaruhi jutaan orang Amerika, itu dianggap sangat kurang terdiagnosis. Sebagian alasannya adalah bahwa gejala seperti mendengkur dan terbangun dengan napas terengah-engah tidak selalu ada, dan sleep apnea dapat muncul dengan sejumlah tanda dan gejala yang mengejutkan.

Jika Anda memiliki kekhawatiran, bicarakan dengan dokter Anda tentang studi tidur karena perawatan (seperti CPAP dan intervensi lainnya) dapat mengurangi risiko dan meningkatkan kehidupan Anda.

Makan Makanan Seimbang

Jangan terlalu banyak. Kebanyakan tanaman.” Dari tanaman tersebut, Anda memiliki peluang terbaik untuk mendapatkan fitonutrien yang Anda butuhkan dengan memakan warna-warni pelangi.

Namun, ada gunanya memiliki beberapa panduan tentang apa yang harus dimakan sehari-hari, dan ini mendasari banyak mode diet populer. Jika Anda bertanya-tanya harus mulai dari mana, diet Mediterania kaya akan banyak makanan “tersehat” dan menghindari banyak pilihan yang kurang sehat. Semakin Anda mengikuti diet Mediterania, semakin rendah risiko Anda terkena sejumlah penyakit.

Sebuah tinjauan 2018 mengamati lebih dari 12 juta orang dan risiko lebih dari selusin penyakit kronis.

Beberapa komponen diet Mediterania termasuk buah-buahan dan sayuran (banyak), kacang-kacangan dan biji-bijian, makanan laut, biji-bijian, minyak zaitun extra virgin yang baik, dan banyak bumbu dan rempah-rempah. Makanan yang bukan komponen termasuk makanan olahan tinggi, biji-bijian olahan, minyak olahan, dan gula tambahan.

Terlibat dalam Aktivitas Fisik Reguler

Tiga puluh menit sehari aktivitas fisik secara teratur berkontribusi pada kesehatan dengan mengurangi detak jantung, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, dan mengurangi jumlah pengeroposan tulang yang terkait dengan usia dan osteoporosis. Saat ini, kurang olahraga diperkirakan berkontribusi pada 9% kanker payudara dan 10% kanker usus besar di Eropa.

Sebuah tinjauan tahun 2017 di Lancet menemukan bahwa berpartisipasi dalam aktivitas fisik rekreasi dan non-rekreasi moderat setiap hari berkorelasi dengan penurunan risiko penyakit jantung dan kematian secara keseluruhan terlepas dari pendapatan.

Yang terbaik dari semuanya, aktivitas fisik tidak hanya dapat menjadi cara murah untuk meningkatkan kesehatan Anda (dan mungkin umur). Tetapi bahkan dapat menghemat uang Anda.  (Penting untuk dicatat bahwa orang dengan beberapa kondisi medis tidak boleh melakukan aktivitas tingkat ini.)

Setelah Anda melewati usia 65, persyaratannya tidak turun, dan Anda mungkin mendapat manfaat dengan menambahkan latihan keseimbangan dan latihan fleksibilitas.

Anda mungkin bertanya-tanya apa yang peneliti maksud dengan latihan intensitas sedang. Ada banyak pilihan, tetapi penting untuk menemukan aktivitas yang Anda sukai dan akan terus Anda lakukan seperti:

  • berkebun
  • Berjalan cepat
  • Dansa ballroom
  • Bersepeda perlahan di tanah datar
  • Berenang santai

Menjaga Berat Badan yang Sehat

Kabar baiknya adalah bahwa kelebihan berat badan saja tidak mengurangi umur panjang Anda, dan bagi mereka yang berusia di atas 65 tahun, sebenarnya lebih baik berada di sisi normal yang tinggi daripada sisi yang rendah.

Bagi mereka yang mengalami obesitas, orang yang indeks massa tubuh 30 hingga 35 memiliki peningkatan kematian 27%.

Berapa berat badan yang ideal?  Orang dengan indeks massa tubuh di sisi normal yang tinggi (misalnya 24) memiliki angka kematian terendah. Makan makanan yang sehat dan berolahraga setiap hari adalah “rahasia” yang sebenarnya.

Di masa lalu, makan sarapan ditekankan sebagai kebutuhan untuk kesehatan yang optimal. Penelitian sekarang mengubah pemikiran itu, dan puasa intermiten mungkin memiliki manfaat. Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan. Puasa intermiten dapat membantu menurunkan berat badan dan tampaknya memiliki manfaat dalam mengurangi kanker. risiko juga.

Jika Anda kesulitan, bicarakan dengan dokter Anda. Namun perlu diingat bahwa diet fad tidak berhasil, dan peluang sukses terbesar Anda terletak pada mengadopsi pola makan sehat jangka panjang dan melakukan aktivitas fisik secara teratur seumur hidup.

Apa itu gaya hidup sehat?

Gaya hidup sehat memberi kita kesejahteraan fisik dan mental serta hubungan sosial yang baik. Ini penting, karena pandemi coronavirus telah menunjukkan bahwa orang memiliki peluang pemulihan yang lebih baik jika mereka sehat.

Gaya hidup sehat meliputi diet seimbang dan olahraga teratur. Ini harus mencakup banyak istirahat, terutama tidur. Alkohol harus dihindari atau diminum secukupnya.

Berikut adalah beberapa ide dan strategi untuk menciptakan gaya hidup yang lebih sehat.

Apa itu makan sehat?

Panduan Eatwell dari pemerintah menunjukkan jumlah yang direkomendasikan untuk setiap jenis kelompok makanan. Ini termasuk makan banyak buah dan sayuran dan mendasarkan makanan pada karbohidrat bertepung.

Perhatikan bahwa pola makan sehat itu seimbang, bukan berarti benar-benar menghindari makanan seperti kue, kecuali jika dokter Anda telah menyarankan Anda untuk melakukannya.

Saran untuk makanan Anda sendiri dapat ditemukan dengan mengklik perencana makan mingguan yang sehat ini dari British Nutrition Foundation. Situs web mereka memiliki banyak ide untuk makan sehat.

Saat merencanakan, ingatlah bahwa jumlah kalori yang dibutuhkan berbeda tergantung pada hal-hal seperti jenis kelamin dan usia.

Saat-saat stres dapat menyebabkan perubahan perilaku kita seperti makan lebih banyak dan kurang berolahraga. Ini dapat memiliki efek yang merugikan pada kesehatan kita; Namun, jika seseorang merasa rendah diri maka olahraga dan makanan sehat dapat melepaskan endorfin dan membuat Anda merasa lebih bahagia.