Alternatif Makanan Pengganti Nasi

Alternatif Makanan Pengganti Nasi

Makanan alternatif sebagai pengganti nasi untuk diet tentu saja bermanfaat sebagai penurun berat tubuh yang sangat efektif untuk di lakukan.

Beberapa orang yang menghindar konsumsi karbohidrat karena takut gendut. Walau sebenarnya, karbohidrat ialah sumber energi yang jangan dilewati.

Tipe makanan karbohidrat tidak hanya terbatas pada nasi saja. Saat diet atau ingin turunkan berat tubuh, lebih pas untuk pilih sumber karbohidrat yang memiliki kandungan serat tinggi. Maka meskipun ingin menghindar nasi, kamu masih membutuhkan sumber karbohidrat yang lain.

Alternatif Pilihan Makanan Pengganti Nasi untuk Diet

Makanan alternatif pengganti nasi untuk diet mempunyai bermacam manfaat kesehatan. Mengkonsumsi karbohidrat dengan serat besar ataupun lazim dituturkan dengan karbohidrat lingkungan dapat bertahan di dalam badan terus menjadi lama.

Sebab mereka lebih sulit buat diolah badan. Ingin ketahui makanan alternatif nasi terbaik untuk turunkan berat tubuh? Baca di bawah ini!

  1. Shirataki

Reputasinya semakin naik, nasi atau mi shirataki kerap jadi alternative sumber karbohidrat untuk beberapa orang yang diet. Satu jatahnya (85 gr) cuman memiliki kandungan kurang dari 5 kalori. Bahkan juga, bila kamu konsumsi kurang dari itu, shirataki tidak memiliki kandungan kalori sama sekalipun.

Tidak cuma baik untuk diet, opsi karbohidrat ini mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan. Serat glukomanan yang dikandungnya bisa melapis dinding usus, memperlancar pencernaan, dan memunculkan rasa kenyang yang lebih tahan lama.

  1. Kentang

Makanan alternatif nasi untuk diet yang pertama ialah kentang. Kentang sebagai salah sebuah sumber karbohidrat yang kemungkinan banyak dijumpai. Kemungkinan kamu kerap mengonsumsi kentang sebagai lauk, tapi sesungguhnya kentang dapat jadi makanan khusus juga. Untuk kamu yang diet, kemungkinan kamu dapat menukar nasi dengan kentang.

Tetapi, tidak boleh menggoreng kentang karena ini akan menambahkan konsumsi lemak, yang malah bisa menyumbangkan peningkatan berat tubuh, hingga gagalkan diet kamu. Kamu dapat memasak kentang dengan dikukus atau direbus.

  1. Ubi Jalar

Disamping itu, ubi jalar bisa juga jadi makanan alternatif nasi untuk diet selanjutnya. Ubi jalar mempunyai manfaat kesehatan yang banyak. Satu ubi jalar memiliki ukuran sedang memiliki kandungan 100 g kalori, 25 gr karbohidrat sehat, bahkan juga kandungan vitamin A dalam jumlah 6 kali lipat dari keperluan harian kamu.

Tidak itu saja, kandungan serat dalam ubi jalar dapat sehatkan jantung dan menolong turunkan resiko diabetes karena mengendalikan pelepasan insulin dan glukosa dalam tubuh. Bila kamu menanggung derita diabetes, konsumsi ubi jalar bisa menolong mencegah kenaikan gula secara mencolok.

  1. Jagung

Makanan alternatif nasi untuk diet setelah itu jagung. Jagung tentu saja bukan makanan asing di Indonesia, bahkan juga banyak daerah jadikan jagung sebagai makanan intinya.

Dalam 100 g biji jagung ada 86 kalori dan bermacam tipe vitamin B, seperti B1, B3, B5, dan B9 atau folat. Bahkan juga, kandungan vitamin B dalam jagung telah penuhi 10%-19% nilai harian yang perlu dimakan.

Makanan alternatif nasi untuk diet ini memiliki kandungan serat, magnesium, fosfor, dan vitamin C yang perlu untuk tubuh. Bahkan juga, serat pada jagung bisa menolong turunkan cholesterol dan menangani sulit bab.

  1. Singkong

Singkong sebagai makanan yang lumayan gampang diketemukan di Indonesia, hingga menjadi opsi makanan alternatif nasi untuk diet. Sebeb singkong dipercayai bisa menyembuhkan dehidrasi, kecapekan, sepsis (infeksi darah), dan untuk menginduksi persalinan.

Kandungan nutrisi pada singkong serupa dengan kentang. Tetapi, singkong memiliki kandungan zat kimia glikosida sianogen yang bisa melepas sianida dalam tubuh. Karena itu, singkong harus dibikin bersih secara benar saat sebelum dikonsumsi untuk mencegah keracunan sianida.

  1. Beras Merah

Makanan alternatif nasi untuk diet setelah itu beras merah. Beras merah ialah alternative yang lebih sehat dibanding beras putih. Beras merah memiliki kandungan serat semakin tinggi, sebagai sumber karbohidrat kompleks dengan index glikemik rendah, kaya vitamin B6, zinc, dan zat besi.

Bukan hanya itu, beras merah memiliki kandungan anti-oksidan antosianin yang bagus untuk kesehatan. Kandungan gula yang lebih rendah dalam nasi merah dapat mengatur gula darah.

  1. Oatmeal

Oatmeal sebagai makanan alternatif nasi untuk diet yang dapat kamu tentukan. Serat dalam oatmeal bisa menolong kamu supaya kenyang semakin lama, menolong turunkan kandungan cholesterol pada darah, dan dapat mengatur kandungan gula darah.

Tetapi, umumnya kamu mengonsumsi oatmeal dengan didampingi oleh makanan lain. Perihal ini pula yang perlu jadi perhatian karena kadang makanan yang ditambah ke oatmeal malah mempunyai semakin banyak kalori dan gula dibanding oatmeal tersebut.

  1. Quinoa

Quinoa sebagai beberapa bijian dalam jumlah fitonutrien yang mengagumkan. Gizi ini bermanfaat membuat perlindungan diri dari peradangan dan mencegah penyakit yang disebabkan karena radikal bebas.

Sebagai makanan alternatif nasi untuk diet, quinoa sebagai sumber karbohidrat yang kaya serat. Keunggulan lain yang dipunyai quinoa ialah bebas gluten, memiliki kandungan 9 tipe asam amino, dan diperlengkapi 3 senyawa antikanker.

  1. Kubis

Sayur selanjutnya yang dapat kamu coba ialah kubis yang sudah dicincang. Rasa yang dibuat tidak berbeda jauh dengan kembang kol, tapi teksturnya lebih empuk.

Berdasar data dari Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), nasi kubis memiliki kandungan 12 gr karbohidrat dan 22 kalori. Disamping itu, dengan mengkonsumsinya kamu akan memperoleh vitamin C dan K.

  1. Barley

Barley sebagai beberapa bijian yang satu keluarga dengan gandum. Disebutkan sebagai jelai, dia kerap jadi sebagai bahan baku roti, sereal, minuman, dan lain-lain.

Tidak itu saja, barley bisa juga jadi sumber karbohidrat yang lebih sehat, lho. Meskipun perhitungan kalorinya lebih kurang sama dengan nasi putih, beberapa bijian ini memiliki kandungan semakin banyak protein, serat, vitamin B, zinc, dan selenium.

  1. Zukini

Alternative selanjutnya ialah zukini. Sayur ini dapat dihancurkan seperti nasi atau diserut sampai terlihat seperti pasta. Kalorinya juga benar-benar rendah. Dalam 100 g zukini, terdaftar cuman memiliki kandungan 17 kalori dan 4 gr karbohidrat.

Disamping itu, zukini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya kaya anti-oksidan, bagus untuk jantung, turunkan kandungan gula darah, memperlancar pencernaan, dan baik untuk mata.

  1. Kembang Kol

Bila kamu tidak pernah dengar nasi dari kembang kol, kamu harus cobanya. Apa lagi makanan penganti nasi untuk diet ini kaya serat dan gizi. Penyuguhannya juga benar-benar gampang, tinggal disangrai atau dikukus. Tak perlu takut nasi bunga kol jadi busuk, sebab bisa tersimpan dalam freezer dan diolah saat dibutuhkan.

Disamping itu, kembang kol terhitung salah satunya sayur yang kaya anti-oksidan. Vitamin C dan E yang dipunyainya bagus untuk kesehatan kulit. Sementara vitamin K akan menolong mempertahankan kesehatan tulang dan gigi.

  1. Brokoli

Seperti kembang kol, brokoli bisa juga dicincang dan diproses seperti nasi. Serat dalam brokoli bagus untuk mereka yang berdiet. Melahap brokoli akan membuat perut cepat kenyang. Sayur ini rendah kalori hingga benar-benar pas jadi makanan alternatif nasi untuk diet.

Vitamin C dan dan kalsium dalam brokoli akan menolong memperlancar metabolisme tubuh. Brokoli diperpecah dalam lambung jadi beberapa senyawa. Diantaranya ialah indolocarbazole atau ICZ. ICZ aktifkan senyawa yang lain disebutkan reseptor aril hidrokarbon atau AHR) yang bekerja jaga kelancaran peranan cerna usus.

  1. Bermacam tipe jamur

Tidak cuma shirataki, bermacam tipe jamur bagus untuk alternatif nasi putih. Kamu dapat memakai jamur tiram, kancing, enoki, maitake, shiitake, dan lain-lain. Sepertikan saja dengan preferensimu.

Rerata jamur cuman mempunyai 16 kalori dan 2 gr karbohidrat per 100 gramnya. Manfaatnya untuk kesehatan banyak juga. Salah satunya bagus untuk jantung, turunkan resiko kanker dan diabetes, sampai kaya serat, protein dan anti-oksidan.

Kecuali tipe makanan yang disebut sebelumnya, ada banyak kembali makanan alternatif nasi yang lain dapat kamu eksplor. Selamat mempraktikkan, ya!